Home >> Latar Belakang
Latar Belakang

Latar Belakang

Sebuah Bangsa yang ingin maju dalam persaingan teknologi seharusnya didukung oleh semakin berkembangnya riset yang dilakukan perguruan tinggi yang mampu bersinergi dan berkolaborasi untuk mendukung kebutuhan industri. Implemantasi hasil riset perguruan tinggi yang memperkuat pertumbuhan industri akan menjadi tulang punggung keberlangsungan pembangunan bangsa ini. Sektor industri menjadi ujung tombak penghasil produk berkualitas yang mampu bersaing di pasar internasional sekaligus memberikan peluang atas penyerapan tenaga kerja.

Di era globalisasi, inovasi dan hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian maysrakat sudah menjadi keharusan. Sehingga perguruan tinggi diharapkan mampu menghasilkan produk-produk yang kreatif dan inovatif. Kemajuan produk-produk industry di harapkan mampu menambah jumlah, kapasitas, kualitas dan lebih efisien dalam prosesnya. Tren industry global yang mengarah industry 4.0 akan sangat di butuhkan demi kemajuan perkembangan industry tersebut. National Conference on Industrial Electrical & Electronics (NCIEE) 2018 merupakan Seminar Nasional pertama JTE Untirta yang bertujuan menjembatani antara akademisi dan praktisi dalam membangun kemandirian bangsa dan khususnya di sektor industri, elektrikal, dan elektronik dalam ruang lingkup internasional. NCIEE 2018 dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Untirta.

Tujuan dan Hasil yang diharapkan

  1. Memperluas pengetahuan dan penelitian dibidang elektro dan penerapan di industri.
  2. Para dosen dan peneliti mampu mengingkatkan tingkat inovasi dan melakukan hilirisasi terhadap hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Para dosen mampu menyerap, meningkatkan wawasan penelitian dan menerapkan penelitian bidang elektro sesuai kebutuhan industri.
  4. Membangun kemitraan antara perguruan tinggi dan industri di bidang penelitiaan elektro.

Tema

“The opportunities, challenges, and future impacts of industry 4.0”

Sasaran Peserta

Sasaran peserta yang diharapkan berpartisipasi sebagai peserta maupun pemateri adalah dosen Jurusan Teknik Elektro se-Indonesia, Peneliti, Litbang Industri, dan Mahasiswa.

Ruang Lingkup Topik

  1. Sistem Tenaga Listrik, Energi Baru Terbarukan, Smart Grid, dan Konservasi Energi
  2. Elektronika Instrumentasi dan Sistem Kendali & Robotika
  3. RF, Antena, Propagasi dan Telekomunikasi & Jaringan
  4. Teknik Komputer dan Informatika, Software, Hardware, IoT, dan M2M